Pages

Monday, August 5, 2013

Pura Prapat Agung

Kawasan tanah Bali bagian barat merupakan kawasan yang lumayan sebagai letak pura-pura besar  (kahyangan jagat) yang memagari tanah Bali. Tanah Bali bagian barat identik dengan Taman Nasional Bali Barat, di area inilah ada beberapa pura kahyangan jagat : Pura Segara Rupek, Pura Perapat Agung, Pura Pemuteran Jagat, Pura Pulaki, Pura Melanting, Pura Kerta Kawat dan pura-pura yang lainnya maka cocok amatlah tanah Bali disebut Pulau Seribu Pura.

 Bila suatu ketika anda (Umat Hindu) yang mengadakan perjalanan spiritual/ tirta yatra dengan tujuan Pura Segara Rupek, maka terlebih dahulu anda hendaknya mengunjungi/ngaturang bakti ke Pura Perapat Agung dengan suatu alasan bahwa, suatu ketika (di Desember 2012) saya mendapat informasi dari jero mangku di Pura Payogan bahwasanya : Pura Perapat Agung, Pura Payogan, Pura Taman Beji, dan Pura Segara Rupek adalah merupakan suatu paket.
 Sama halnya dengan bila kita hendak ke Segara Rupek (karena satu jurusan), kita mesti melewati jalan yang semi adventure/ jalan pake batu bukan hotmix /geladag (bhs. Bali) yang memasuki hutan lindung Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Bukan menakut-nakuti, bila kendaraan anda tidak fit serasa agak riskan bila melintasi jalan berbatu sepanjang plusminus 15 Km dari jalan utama  Gilimanuk-Seririt hingga ke Pura Segara Rupek dan Perapat Agung. Bila ban anda bocor sulit mendapat pertolongan. Yang memungkinkan menolong anda cumalah para kera, atau satwa-satwa TNBB yang lain.

1 comment:

  1. Bagi saudara sedharma yg ingin melakukan perjalanan suci (tirtayatra) atau melakukan penglukatan ke beji-beji di Bali, silahkan hubungi kami di nomor 081338541173 / 081934338855. Kami siap menjemput ke alamat saudara dan mengantar kembali ke alamat saudara. Rahayu :-)

    ReplyDelete